SEARCH

Most Wanted:

........................................................................................................................................................... Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. ........................................................................................................................................................... ...Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami...

Tuesday, November 29, 2016

Riayah Ikhlas

baca prolognya di IG saya @eshumaira ya. ga bisa dicopas ternyara di mari wkwkwk

saya mw meriayah diri lewat tulisan ini. dari sekian banyak materi tarbiyah, materi ttg ikhlas adalah yg paling saya hindari. apalah jadinya ketika Allah justru mendatangkan ujian melalui jalan tersebut. terngangalah saya, terbata kembali menyelami apa itu ikhlas. 

pada dasarnya amal yg diterima itu tdk bisa lepas dari 2 hal. yaitu niat ikhlas karena Allah semata dan dilakukannya amal dgn benar yakni sesuai tuntunan alQuran dan sunnah. 

kadangkala dlm bermuamalah kita disandingkan dgn pikiran2 duniawi yg merusak keikhlasan dan tanpa sadar mengurangi pahala. baru kusadari, bahwa frasa "niat karena Allah" tak hanya bisa di bibir saja. niat itu hrs dari hati. 

jangan krn nila setitik rusak susu sebelanga. naudzubillah. tanpa kita sadari barangkali inilah yg membuat byk friksi dlm muamalah yg kita jalani. jd bukan semata krn kurang ilmu. tp mgkn kurang paham thd ilmu tsb.

masyaAllah beruntunglah kita yg masih Allah ingatkan utk sentiasa meriayah niat kita. Allah beri ujian yg mgkn menyesakkan tetapi ketika kita berusaha berlapang dada, tak ayal lg kita akan berpikir inilah yg terbaik.

seperti dalam kisah seorang petani yg menanam, merawat dan membesarkan tanamannya tetapi lalu yg mengkonsumsi bukanlah dirinya. betapa ikhlasnya ia, seluruh waktunya, tenaganya, pikirannya ia kerahkan demi bertumbuhnya tanamannya. 

mirip juga dgn MLM, sekian lama diprospek dan lalu dia join dengan orang lain. haha ini bkn pengalaman saya. saya move on orangnya :p

contoh lainnya, ketika kita diberi amanah sbg ketua divisi organisasi, baru sebulan dua bulan koordinasi agar kompak, tetiba divisi tsb dihapus dan kita mjd bawahan kembali, ini ujian keikhlasan banget. serasa khalid bin walid yg sdg dikagumi para manusia, maka demi kebaikannya khalifah Umar menurunkannya dr panglima mjd seorang tentara biasa. dan penggantinya adl org yg lebih lemah scr fisik darinya. lalu bagaimana reaksi seorang mujahid khalid? ia menerimanya dan berkata: "aku berjuang utk Allah, bkn utk Umar."

nah, apakah kita sbg manusia biasa, pantas bersikap protes dan su'udzon kpd Allah atas ujian2 setingkat ini? bahkan masih ece2 dibanding sang Pedang Allah, Khalid bin Walid.

maka dari itu, apapun amal yg sudah kita lakukan tetapi tdk sesuai yg kita harapkan anggaplah sbg ujian Allah yg sdg meninggikan derajat kita. 


#curhatdetected #riayahmaknawiyah

0 comments:

Post a Comment

My Design & Pict ~ Collect