SEARCH

Most Wanted:

........................................................................................................................................................... Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. ........................................................................................................................................................... ...Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami...

Tuesday, November 30, 2010

Pepatah Cinta

Asik nih judulnya... tapi masih tahap koleksi... ini satu - satu aja dulu yee,, tar ditambah lagii :D

"Jalan cinta selalu melahirkan perubahan besar dengan cara yang sangat sederhana. Karena ia menjangkau pangkal hati secara langsung darimana segala perubahan dalam diri seseorang bermula. Bahkan ketika ia menggunakan kekerasan, cinta selalu mengubah efeknya, dan seketika ia berujung haru" (M. Anis Matta)
***
Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterimakasih atas karunia tersebut.
*** 
Jika secara lahir istrimu yang kau atur
maka secara batin engkaulah yang diatur istrimu yang kaudambakan itu
Inilah ciri khas manusia: pada jenis binatang lain cinta kurang terdapat
dan itu menunjukkan rendahnya derajat mereka

Nabi bersabda bahwa wanita mengungguli orang bijak,
sedangkan laki-laki yang sesat mengunggulinya,
karena pada mereka kebuasan binatang tetap melekat
Cinta dan kelembutan dalah sifat manusia, amarah dan nafsu adalah
sifat binatang

Wanita adalah seberkas sinar Tuhan: dia bukanlah kekasih duniawi
Dia berdaya cipta: engkau boleh mengatakan dia bukan ciptaan
(Cinta Wanita by Rumi)
***
Nafsu mengatakan perempuan itu cantik atas dasar rupanya. Akal mengatakan perempuan itu cantik atas dasar ilmu dan kepintarannya. Dan hati mengatakan perempuan itu cantik atas dasar akhlaknya.
***
Hubungan yang terbentuk dair cinta ini adalah penyatuan pada orbit pikiran. Perasaan kita bergerak mengitari orbit itu. Perasaan adalah fungsi pikiran. Ia lahir, bergerak dan meliuk seperti seorang penari mengikuti alur lagu. Orang yang kita cintai tidak harus memiliki perasaan yang sama. Para pecinta hanya berpikir bagaimana mencintai. Mereka tida terganggu jika kemudian mereka tidak dicintai. Sebab mereka tidak mencintai “orangnya”. Mereka mencintai “entity”-nya. Sebab entity itu merupakan fungsi pencapaian misi. (Cinta Misi - Anis Matta, Lc)
***
Sebab cinta adalah kata lain dari memberi... sebab memberi adalah pekerjaan... sebab pekerjaan cinta dalam siklus memperhatikan, menumbuhkan, merawat dan melindungi itu berat... sebab pekerjaan itu harus ditunaikan dalam waktu lama... sebab pekerjaan berat dalam waktu lama begitu hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang memiliki kepribadian kuat dan tangguh... maka setiap orang hendaklah berhati-hati saat ia akan mengatakan, “Aku mencintaimu.” Kepada siapapun! (Mencintai itu Keputusan - Anis Matta, Lc)
***
Kebijaksanaan Ilahi adalah takdir dan suratan nasib yang membuat kita saling mencintai sat sama lain
Karena takdir itulah setiap bagian dari dunia ini bertemu dengan pasangannya Dalam pandangan orang-orang bijak langit adalah laki-laki dan bumi adalah perempuan; bumi memupuk apa yang telah dijatuhkan oleh langit
Jika bumi kekurangan panas maka langit mengirimkan panas kepadanya, jika bumi kehilangan kesegaran dan kelembaban, langit segera memulihkannya
Langit memeyungi bumi layaknya seorang suami yang menafkahi istrinya; dan bumi pun sibuk dengan urusan rumah tangga; ia melahirkan dan menyusui segala yang telah ia lahirkan
(Panggilan Belahan Jiwa - Anis Matta, Lc)
***
Sebab perasaan yang luhur begitu adalah gejolak kemanusiaan yang direstui disisi Allah. Sebab karena direstui itulah Rasulullah saw lantas bersabda, “Tidak ada yang lebih baik bagi mereka yang sudah saling jatuh cinta kecuali pernikahan.”
Dua jiwa yang sudah terpaut cinta akan tampak menyatu bagaikan api dengan panasnya, salju dengan dinginnya, laut dengan pantainya, rembulan dengan cahaya. Mungkin berlebihan atau mungkin memang begitu, tapi siapapun yang melantunkan bait ini agaknya ia memang mewakili perasaan banyak arjuna yang sedang jatuh cinta: separoh nafasku terbang/bersama dirimu.
(Kasihanilah Para Pecinta - Anis Matta, Lc)

2B Continued...

Seni Bergaul

"Islam datang dalam keadaan terasing dan akan kembali terasing, maka bahagialah bagi orang-orang yang terasing."

Sebagian aktivis Islam sering dikenal sebagai makhluk terasing di masyarakatnya. Namun hal ini kadang menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka. Mereka seringkali membela diri atas tindakan yang dilakukannya dengan dalil tersebut.

Namun apakah mesti seperti itu? Ternyata banyaknya kasus terasingnya para aktivis itu muncul akibat minimnya pengentahuan para aktivis tentang seni bergaul di masyarakat yang mungkin memiliki adat dan mekanisme pergaulan yang berbeda-beda. Tentunya, sebagai aktivis, da'i harus memahami itu sebagai upaya menembus komunikasi pergaulan dengan mereka. Selanjutnya dengan bekal pemahaman medan dakwah, beraksilah dengan cantik di masyarakat untuk mengenalkan dan menerapkan Islam.

*tumben postingan ane serius banget qiqiqiqi*

Berikut ulasan ane untuk Buku "Seni Bergaul" karya Abdullah Al Khathir. Judul aslinya: Fannut Ta'amul Ma'an Naas.... Buku ini hadiah dari Nurul, temen di Gundar dulu. Very miss her :)

Bab2nya:
>> BERINTERAKSI DENGAN MANUSIA.
>> MOTIVASI MEMPERLAKUKAN ORANG LAIN DENGAN BAIK
>> MOTIVASI YANG MENDORONG SEORANG MUSLIM
>> STANDARD AKHLAK YANG BAIK
>> HAL2 YANG DIBENCI DAN DISUKAI MANUSIA

Tunggu lanjutannya yaa... bukunya mo aye baca ulang dulu, biar tambah meresepp

***
Berbicaralah kepada orang lain sesuai kadarnya :D
itulah intinya... isinya masih dalam penulisan :D

2B Continued

Monday, November 29, 2010

Qoid

Qoid or qiyadah or pemimpin itu seperti apa ya? Mungkin itu yang terlintas dari pikiran mentee-ku ketika dia dijadikan bakal calon ketua suatu organisasi. Lingkup apapun itu aku punya tanggungan berat untuk bisa mewujudkan dirinya menjadi pemimpin yang baik. Alhamdulillahnya setelah diutarakan sedikit mengenai QWJ agak ngerti dia... hmm, tapi masih banyak deng pe ernya.... >__<

Coba kutip dulu secara umum Pemimpin berkarakter itu seperti apa,,, baru nanti aku kasih sentuhan Islam agar Islam tetap membahana, aamiin...

Ciri-ciri Pemimpin Berkarakter


Aktualisasi karakter kepemimpinan yang diharapkan bangsa dan negara adalah yang mampu mengantarkan anak bangsa dari ketergantungan (dependency) menuju kemerdekaan (independency ), selanjutnya menuju kontinum maturasi diri yang komplit ke saling ketergantungan (interdependency), memerlukan pembiasaan melalui contoh keteladanan perilaku para elite politik yang bergerak di eksekutif, yudikatif dan legislatif dalam taman sari demokrasi yang kondusif. Habitat yang dapat dijadikan persemaian karakter pemimpin itu antara lain harus dapat menumbuh suburkan dan mengembangkan perilaku dan sifat-sifat seperti :


1. Kesadaran diri sendiri (self awareness) jujur terhadap diri sendiri dan terhadap oranglain, jujur terhadap kekuatan diri, kelemahan dan usaha yang tulus untuk memperbaikinya.

2. Dasarnya seseorang pemimpin cenderung memperlakukan orang lain dalam organisasi atas dasar persamaan derajad, tanpa harus menjilat keatas menyikut kesamping dan menindas ke bawah. Diingatkan oleh Deepak Sethi agar pemimpin berempati terhadap bawahannya secara tulus.

3. Memiliki rasa ingin tahu dan dapat didekati sehingga orang lain merasa aman dalam menyampaikan umpan balik dan gagasan-gagasan baru secara jujur, lugas dan penuh rasa hormat kepada pemimpinnya.

4. Bersikap transparan dan mampu menghormati pesaing ( lawan politik ) atau musuh, dan belajar dari mereka dalam situasi kepemimpinan ataupun kondisi bisnis pada umumnya.

5. Memiliki kecerdasan, cermat dan tangguh sehingga mampu bekerja secara professional keilmuan dalam jabatannya. Hasil pekerjaanya berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

6. Memiliki rasa kehormatan diri ( a sense of personal honour and personal dignity ) dan berdisiplin pribadi, sehingga mampu dan mempunyai rasa tanggungjawab pribadi atas perilaku pribadinya. Tidak seperti saat ini para pemimpin saling lempar ucapan pedas terhadap rekan sejawatnya yang berbeda aliran politiknya.

7. Memiliki kemampuan berkomunikasi, semangat "team work", kreatif, percaya diri, inovatif dan mobilitas.
___________
Drs. Abdul Rahman Kadir, MM -- Mantan Ka.Kanwil Deppen SU.


2B continued :D

Kekkon Shite

Benarlah firman Allah SWT,,,

”Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas lagi Maha Mengetahui. ” (QS. An-Nur : 32) 

Fabi ayyi aala irobbikuma tukadz dzibaan~~
 فَبِأَيِّآلَاءرَبِّكُمَاتُكَذِّبَانِ
   Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
       


VIVAnews - Jika Anda pria yang memiliki penghasilan pas-pas an semasa lajang, jangan khawatir tak bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga saat masuk dalam jenjang pernikahan. Karena sebuah penelitian mengungkap, kebanyakan pria setelah menikah justru penghasilannya makin melimpah.
Seperti dikutip dari laman Daily Mail, pria yang telah menikah mendapatkan tujuh persen penghasilan lebih banyak dibanding pria lajang.

Kesimpulan itu diperoleh dari survei 12.000 orang Jerman yang dilakukan oleh University of Bielefeld. Survei itu sudah mempertimbangkan perbedaan usia, pendidikan dan pengalaman ketika melakukan penelitian.
Para akademisi itu mengatakan bahwa setelah menikah, pria mengambil kepentingan yang lebih besar dalam keuangan mereka dan melakukan upaya lebih keras untuk memperbaiki nasib.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pria merasa tidak puas dengan pendapatan sebelumnya semasa lajang. Hal ini menyebabkan pria yang sudah menikah lebih berupaya keras mencari pendapatan lebih tinggi dalam pekerjaan mereka. Alhasil banyak pria menikah mendapatkan upah lebih tinggi," kata akademisi di Universitas Bielefeld di Jerman.

Untuk mencapai kesimpulan, para peneliti itu menganalisis data dari 12.245 orang yang diwawancarai dari berbagai  status pekerjaan, jam kerja, pendapatan dan waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas rumah tangga.

Peneliti menyimpulkan: "Perubahan gaya hidup yang berhubungan dengan pernikahan, membuat pengeluaran rumah tangga meningkat, dan seterusnya."

Untuk itu, bagi Anda pria lajang yang memiliki pendapatan pas-pasan, jangan ragu melangkah untuk merencanakan pernikahan.

Credit: Pria Menikah Lebih Mapan dari Pria Lajang?

SinKon Ryouko Destination

Sinkon Ryouko artinya honeymooooooooon... :p
Hayyah... ni ceritanya lagi berimajinasi... sebenernya sih karena aku suka travelling jadi yaaa ehem,, 
Tadi searching di mbah google destinasi/tujuan bulan madu terindah wkwkwkwk
Tentunya di Indonesia, kalo kriteria yg di kaskus, gw ga sanggup dah lagian mubadzir amat :D
Mendingan cari di negri sendiri yang ga kalah indahnya XD

Izin copas ah :)

1. Pulau Bintan, Riau
Pulau Bintan teletak di Provinsi Kepulauan Riau, suasana di pulau ini sungguh memikat, keindahan alam salah satunya. Kemilau pasir putih, birunya air laut, dan rimbunnya pepohonaan merupakan perpaduan yang membuat pulau ini begitu cantik. Di pulau ini terdapat banyak tersedia resor yang bisa disewa untuk bulan madu, private beach, wisata selam, serta wisata kuliner yang bisa jadi alternatif saat berbulan madu.

2. Kaliurang, Yogyakarta
Kaliurang berjarak 28 kilometer arah utara dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di dusun kaliurang , Hargobinangun, Pakem, Sleman. Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat. Kaliurang memang cocok sebagai tempat berbulan madu. hawanya yang sejuk dan berlatar alam pegunungan disertai gemericik sungai sungguh menjadikan bulan madu menjadi begitu romantis.

3. Pantai Senggigi, Lombok
Pantai ini terletak di sebelah barat pesisir Lombok, suasana asrinya dan pemandangan bawah laut nan mempesona. Ombak yang tidak terlalu besar danm tenang tentu saja akan menambah keromantisan bulan madu.

4. Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat
Jika ingin benar-benar merasakan dunia milik berdua, tak ada salahnya memilih Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat, sebagai tempat bulan madu. Daerahnya masih sepi dan asli, tapi jangan takut tak ada fasilitas. Di sana ada cottage-cottage yang menyediakan aneka fasilitas. Selain hamparan pasir putih, ada juga terumbu karang lengkap dengan ikan laut warna-warni. Tak ketinggalan air terjun serta kolam-kolam alami.

5. Desa Ubud, Bali
Desa ini terkenal dengan budaya dan keindahan alamnya. Disini, Anda dan pasangan akan merasakan ketenangan jiwa raga dengan melihat pemandangan pegunungan yang hijau dan indahnya sawah bertingkat. Desa ini juga diyakini bisa memberikan sejuta inspirasi.

6. Bunaken, Manado, Sulawesi Utara
Pulau ini terdapat Taman Laut Bunaken yang eksotis. Taman laut ini merupakan salah satu laut yang memiliki biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Lokasi resor sangat strategis dengan pemandangan alam Bunaken yang indah. Tak ada salahnya kan , setelah beromantis-romantisan dengan pasangan, kemudian mengeklsporasi keindahan bawah laut Bunaken dengan melakukan snorkling?

7. Kampung Sampireun, Garut, Jawa Barat
Kampung Sampireun terletak di Ciparay, desa Sukakarya, Garut, Jawa Barat. Kampung Sampireun ini menawarkan semua kesederhanaan sekaligus kenyamanan fasilitas yang Anda butuhkan untuk bulan madu Anda.Jika Anda ingin merasakan suasana pedesaan khas Sunda, lengkap dengan bale-bale, masakan Sunda, musik Sunda, maka Kampung Sampireun bisa menjadi pilihan tempat bulan madu. Pemandangan yang indah dan lingkungan yang tenang, udara bersih dan segar itu menjadikan resor ini tempat yang tepat untuk pasangan yang berbulan madu.

8. Pulau Belitung
Pulau Belitung didominasi pantai dengan panorama indah, air yang jernih, dan hamparan pasir putih di sepanjang pesisir pantai. Banyaknya teluk-teluk dengan perairan tenang menjadikan tempat ini cocok bagi pasangan bulan madu yang gemar olahraga air. Pemandangan alam menakjubkan di Pulau Belitung, barangkali tidak dapat dijumpai di pulau-pulau lain, inilah keistimewaan pulau ini, manarik dijadikan tempat untuk bulan madu nan romantis.

9. Tanjung Lesung, Banten
Tanjung Lesung terletak di kawasan pantai barat Selat Sunda, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. Resor ini dapat dijadikan alternatif tujuan bulan madu Anda dengan pasangan tercinta, ditempuh selama 3,5 jam dari ibu kota Jakarta lewat Pandeglang. Suasana disini begitu memikat dengan pesona keindahan biru lautnya dan pasir putih yang terhampar luas. Menikmati keindahan laut yang begitu cantik serta air laut yang amat jernih sehingga bisa terlihat ikan-ikan yang berenang melewati terumbu-terumbu karang. Beragam aktivitas olahraga air terdapat di sini, seperti; Banana Boat, Jet Ski, hingga berpetualang menelusuri Gunung Krakatau.

10. Pulau Umang, Banten
Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tempat ini cocok untuk lari dari kebisingan kota sekaligus menikmati indahnya momen bulan madu. Di pulau ini, terdapat resor yang ditata dengan sentuhan artistik alami, Keindahan laut yang dikelilingi pegunungan makin menambah suasana romantis saat berbulan madu.

11. Pulau Takabonerate
Takabonerate di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, akan disiapkan sebagai daerah tujuan wisata internasional dengan mengagendakan sejumlah penyelenggaraan program-program wisata tahunan internasional. obyek wisata bahari Takabonerate yang merupakan taman laut terindah ketiga dunia yang memiliki jutaan biota laut yang dilindungi.


BTW, ini tempat ga mesti dikunjungi oleh orang2 yang mo hanimun aja loohh,, hahahaha.. :peace ah:

Credit : wisata romantis backtrack my pepito

Thursday, November 25, 2010

Cerdaskan Saia

Aku lagi bingung nih,,, dari sekian muyulku terhadap ilmu... masih belum bisa menentukan juga akan fokus ke mana...

Ayooo, cerdaskan saia!!

Yang pasti, ilmu geonya dah nguaaap... heuheu :p
Yang melekat kini adalah sedikit ilmu marketing yang dulu sangat kubenci...hehe
Ada juga ilmu IT yang sedang kugandrungi, tapi baru dikit juga... Wadoooh, kalo taun depan ikut cpns kan bedasarkan formasi,, pegimana yaa??
Mau jadi entrepreuner yah harus ngais ilmu lebih banyak dan terutama latihan alias prakteknya...
Whoaaahh masih binguuuung... nginvest diri di mana??? any idea...??? >__<

Tapi Allah pasti kasih jalan terbaik menuju tempat terbaik... saat ini jalani yang bisa dijalani en then buat perencanaan ke depan, kumpulkan ilmu2 dr berbagai sumber, insyaAllah suatu hari akan berguna...
*kayanya harus S2 segera niih* aamiiiin :)

Butuh motivasi niiih, bukuku "30 Hari Mencari Jatidiri" karya Aris Ahmad Jaya kemana yaaa?? dipinjem siapa?? copas review orang ja dah...
Rangkuman 30 harinya...
HARI KE-
  1. Konsep diri sang pemenang sejati
  2. Nilai diri untuk hargai diri
  3. Pecahkan rekor pribadi
  4. Siap menempa diri
  5. Peluang didalam masalah atau masalah didalam peluang
  6. Sulit tapi bisa
  7. Berani mengambilo resiko
  8. Fokus
  9. Komitmen dan sabar
  10. Perintahkan diri sebelum diperintahkan orang lain
  11. Jadilah diri ada sendiri
  12. buatlah keputusan
  13. siap menerima konsekuensi apapun atas keputusan anda
  14. Belajarlah dari diri anda sendiri
  15. makna bahagia
  16. Makna masalah dan hambatan
  17. Makna rasa takut
  18. Makna pengorbanan
  19. Makna ketekunan
  20. Makna kerja keras
  21. Memaknai kegagalan
  22. karakter pemenang sejati
  23. bisa tidak bisa harus bisa
  24. Makna kejujuran
  25. Bagaimana menjual diri dengan inovasi
  26. Tak takut rasa takut
  27. Tempa besi selagi panas
  28. Komunikasi empati (komunikasi suksesmu)
  29. Komitmen untuk sukses
  30. Tawakkallah Kepada Allah (serap yang benar,dengar yang baik,lakukan yang berguna)

Ada juga yang mereview 5 hari (ai lagi nunggu terusannya)... :D

HARI KE-1

- Yakinlahbahwa pohon akan tumbuh subur justru ketika dilempari pupuk dan kotoran.
- Orang cerdas adalah orang yang mampu menyusus bangunan dari batu bata yang dilemparkan orang lain kearahnya.
- Tidak penting berapa kali anda jatuh dan gagal, yang penting adalah apakah anda senantiasa bangkit kembali.
- Pemainlah yang berhak menghasilkan skor dalam pertandingan, bagi penonton bersorak, mendukung, menjatuhkan, mengejek atau bahkan mengumpat adalah bagian dari paket permainan yang tidak bisa kita beli secara terpisah.
- Setiap juara akan menjalani ujian, hambatan, cacian, cucuran keringat dan rasa sakit lebih banyak dibandingkan orang biasa..

HARI KE-2

- Pemenang ternyata tidak melakukan sesuatu yang berbeda. Pemenang hanya melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda.
- Kuda pacuan tidak harus dua kali lebih cepat dari lawannya, bisa jadi kuda pemenang hanya karena lebih cepat menjulurkan lidahnya ke garis finish.
- Tahukah anda sesuatu yang paling unik di dunia ini? Dia adalah anda sendiri.
- Pohon yang masih tegak kokoh diantara pohon-pohon lain di hutan tentulah bernilai lebih rendah dibandingkan pohon yang sudah keluar dari hutan. Nilai pohon yang sudah keluar dari hutan tentulah lebih rendah dibandingkan pohon yang sudah dibelah menjadi kayu batangan. Nilai kayu batangan pun tentu akan lebih rendah bila dibandingkan dengan sebuah kursi yang dibentuk dari batangan kayu tersebut. Dan nilai kayursi tersebut tentu lebih rendah dibandingkan kursi yang telah diukir sedemikian rupa dengan menghilangkan bagian-bagian kayu yang tidak diperlukan. Dan kursi ukir yang masih berada di pabrik tentu lebih rendah nilainya bila dibandingkan ketika kursi tersebut dibawa ke etalase toko yang mewah.

HARI KE-3

- Kesuksesan adalah 1% ide dan 99%keringat.
- Anda dilahirkan ke dunia untuk melakukan sesuatu dan bukan untuk mengerjakan semuanya.
- Pecahkan rekor pribadi anda pada potensi terbaik anda.Itulah kuncinya.
- Orang besar tahu bahwa ketika seorang belajar menggoreng tempe dan gosong, maka yang gosong adalah tempenya, bukan yang menggorengnya.
- Kegagalan yang pernah anda rasakan adalah merupakan pendewasaan kehidupan anda secara cepat

HARI KE-4

- Anda mungkin tidak mampu mengubah dunia yang anda lihat di sekitar anda. Tetapi anda pasti mampu mengubah cara anda melihat dunia yang ada dari dalam diri anda.
- Simaklah kisah cangkir :

"Terima kasih atas perhatiannya. Ketahuilah bahwa sebelum aku menjadi cangkir yang cantik, aku hanyalah seonggok tanah liat yang tidak berguna. Namun suatu hari seorang pengrajin dengan tangan kotor melempar aku dengan keras ke sebuah roda berputar."

"Kemudian ia mulai memutar-mutar aku hingga aku merasa pusing.Hentikan ! Hentikan !" Aku berteriak, tapi orang itu berkata,"belum". Ia mulai menyodok dan meninjuku berulang-ulang."Hentikan ! Hentikan" teriakku lagi. Orang ini masih meninjuku dan tidak menghiraukan teriakanku. Bahkan lebih buruk lagi, ia memasukkan aku kedalam tungku."Panas ! Panas!" teriakku dengan keras. " hentikan ! Cukup " teriakku lagi.Lagi-lagi, orang ini berkata,"belum !"

Akhirnya ia mengangkat aku dari perapian dan membiarkanku dingin. Aku kira selesai sudah penderitaanku. Ternyata belum. Setelah dingin aku diberikan kepada seorang wanita muda dan ia mulai mewarnai aku, bau cat amat memualkan. "Hentikan ! Hentikan !" aku kembali berteriak. Wanita itu berkata,"belum!" ia memberikan aku kepada seorang pria yang kemudian memasukkan aku kedalam perapian yang lebih panas dari sebelumnya."Tolong ! Hentikan penyiksaan ini!" Teriakku kuat-kuat sambil menangis, tapi orang ini tidak memperdulikanku. Setelah puas membakarku, dia membiarkan aku dingin kembali.

Setelah benar-benar dingin, seorang wanita mengelap dan mengangkatku kedekat sebuah cermin. Aku melihat diriku. Aku terkejut sekali, aku hampir tak percaya karena didepanku ada sebuah cangkir yang begitu cantik. Semua penderitaanku seakan lenyap seketika tatkala melihat keadaan diriku. Aku baru tahu, ternyata perlakuan yang kurasakan begitu menyakitkan, telah membantuku menjadi sebuah cangkir cantik.

HARI KE-5

- Jika anda berfikir anda dikalahkan, anda dikalahkan. Jika anda berfikir anda tidak takut, anda tidak takut. Jika anda ingin menang tetapi anda berfikir tidak dapat menang, hampir pasti anda tidak akan menang.
- Orang luar biasa akan melihat disetiap masalah pasti ada peluang untuk maju, berkembang dan naik kelas. Bagi orang-orang biasa akan memandang setiap peluang sebagai masalah baru yang harus dihindari karena akan mendatangkan resiko dan masalah baru. Namun bagi orang-orang luar biasa akan melihat disetiap masalah pasti ada peluang untuk maju, berkembang dan naik kelas
- Orang sukses lebih banyak gagalnya daripada orang gagal

Semoga saia bisa lebih bisa menentukan masa depan setelah termotivasi dari buku ini :D

*Pak Aris Ahmad Jaya dulu pernah ngisi AMT di MIPA dan aku pernah SMSan sm beliau... :D

Credit: Kadenza dan MujahidCool

Penawar Dosa

Sakit sakit sakit....

enak juga ya sakit, karena bisa ngurangin dosa :)
juga kita diingatkan bahwa ruh dan jasad ini sepenuhnya milik Allah SWT
meskipun sakit yang kemaren itu ga seberapa parah, tapi cukup membuat diri ini sadar bahwa kita lemah banget di hadapan Allah.
bahwa, tanpa bantuan orang lain, ga mungkin kita bisa bertahan....

Orang yang sedang ditimpa penyakit tidak perlu dicekam rasa takut selama ia mentauhidkan Allah dan menjaga shalatnya. Bahkan, meskipun di masa sehatnya ia banyak berkubang dalam dosa dan maksiat, karena Allah itu Maha Penerima taubat sebelum ruh seorang hamba sampai di kerongkongan. Dan sesungguhnya di balik sakit itu terdapat hikmah dan pelajaran bagi siapa saja yang mau memikirkan-nya, di antaranya adalah:

1. Mendidik dan menyucikan jiwa dari keburukan.

Allah Ta'ala berfirman, artinya, “Apa saja musibah yang menimpa kamu maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS asy Syura: 30)

Dalam ayat ini terdapat kabar gembira sekaligus ancaman jika kita mengetahui bahwa musibah yang kita alami adalah merupakan hukuman atas dosa-dosa kita. Imam al Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallaahu anhu bahwa Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda: ”Tidak ada penyakit, kesedihan dan bahaya yang menimpa seorang mukmin hinggga duri yang menusuknya melain-kan Allah akan mengampuni kesalahan-kesalahannya dengan semua itu.”

Dalam hadits lain beliau bersabda: “Cobaan senantiasa akan menimpa seorang mukmin, keluarga, harta dan anaknya hingga dia bertemu dengan Allah dalam keadaan tidak mempunyai dosa.” Sebagian ulama salaf berkata, “Kalau bukan karena musibah-musibah yang kita alami di dunia, niscaya kita akan datang di hari kiamat dalam keadaan pailit.”

2. Mendapatkan kebahagiaan (pahala) tak terhingga di akhirat.

Itu merupakan balasan dari sakit yang diderita sewaktu di dunia, sebab kegetiran hidup yang dirasakan seorang hamba ketika di dunia akan berubah menjadi kenikmatan di akhirat dan sebaliknya. Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda, ”Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir.” Dan dalam hadits lain disebutkan, ”Kematian adalah hiburan bagi orang beriman.” (HR .Ibnu Abi ad Dunya dengan sanad hasan). At Tirmidzi meriwayatkan dari Jabir secara marfu’, ”Manusia pada hari kiamat menginginkan kulitnya dicabik-cabik ketika di dunia karena iri melihat pahala orang-orang yang tertimpa cobaan.”

3. Allah dekat dengan orang sakit.

Dalam hadits qudsi Allah berfirman: ”Wahai manusia, si fulan hamba-Ku sakit dan engkau tidak membesuknya. Ingatlah seandainya engkau membesuknya niscaya engkau mendapati-Ku di sisinya.” (HR Muslim dari Abu Hurairah)

4. Sebagai parameter kesabaran seorang hamba.

Sebagaimana dituturkan, bahwa kalau seandainya tidak ada ujian maka tidak akan tampak keutamaan sabar. Apabila ada kesabaran maka akan muncul segala macam kebaikan yang menyertainya, namun jika tidak ada kesabaran maka akan lenyap pula kebaikan itu.

Anas Radhiallaahu anhu meriwayatkan sebuah hadits secara marfu’, “Sesungguhnya besarnya pahala tergantung pada besarnya cobaan. Jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan mengujinya dengan cobaan. Barang siapa yang ridha atas cobaan tersebut maka dia mendapat keridhaan Allah dan barang siapa yang berkeluh kesah (marah) maka ia akan mendapat murka Allah.”

Apabila seorang hamba bersabar dan imannya tetap tegar maka akan ditulis namanya dalam daftar orang-orang yang sabar. Apabila kesabaran itu memunculkan sikap ridha maka ia akan ditulis dalam daftar orang-orang yang ridha. Dan jikalau memunculkan pujian dan syukur kepada Allah maka dia akan ditulis namanya bersama-sama orang yang bersyukur. Jika Allah mengaruniai sikap sabar dan syukur kepada seorang hamba maka setiap ketetapan Allah yang berlaku padanya akan menjadi baik semuanya. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda, “Sungguh menakjubkan kondisi seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya adalah baik baginya. Jika memperoleh kelapangan lalu ia bersyukur maka itu adalah baik baginya. Dan jika ditimpa kesempitan lalu ia bersabar maka itupun baik baginya (juga).”

5. Dapat memurnikan tauhid dan menautkan hati kepada Allah.

Wahab bin Munabbih berkata, “Allah menurunkan cobaan supaya hamba memanjatkan do’a dengan sebab bala’ itu.” Dalam surat Fushilat ayat 51 Allah berfirman, artinya, “Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka maka ia banyak berdo’a.”

Musibah dapat menyebabkan seorang hamba berdoa dengan sungguh-sungguh, tawakkal dan ikhlas dalam memohon. Dengan kembali kepada Allah (inabah) seorang hamba akan merasakan manisnya iman, yang lebih nikmat dari lenyapnya penyakit yang diderita. Apabila seseorang ditimpa musibah baik berupa kefakiran, penyakit dan lainnya maka hendaknya hanya berdo’a dan memohon pertolongan kepada Allah saja sebagiamana dilakukan oleh Nabi Ayyub 'Alaihis Salam yang berdoa, “Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Rabbnya, ”(Ya Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. (QS. Al Anbiyaa :83)

6. Memunculkan berbagai macam ibadah yang menyertainya.

Di antara ibadah yang muncul adalah ibadah hati berupa khasyyah (rasa takut) kepada Allah. Berapa banyak musibah yang menyebabkan seorang hamba menjadi istiqamah dalam agamanya, berlari mendekat kepada Allah menjauhkan diri dari kesesatan. Amat banyak hamba yang setelah di timpa sakit ia mau memulai bertanya persoalan agamanya, mulai mengerjakan shalat dan berbuat kebaikan, yang kesemua itu tak pernah ia lakukan sebelum menderita sakit. Maka sakit yang dapat memunculkan ketaatan-ketaatan pada hakekatnya merupakan kenikmatan baginya.

7. Dapat mengikis sikap sombong, ujub dan besar kepala.

Jika seorang hamba kondisinya serba baik dan tak pernah ditimpa musibah maka biasanya ia akan bertindak melampaui batas, lupa awal kejadiannya dan lupa tujuan akhir dari kehidupannya. Akan tetapi ketika ia ditimpa sakit, mengeluarkan berbagai kotoran, bau tak sedap,dahak dan terpaksa harus lapar, kesakitan bahkan mati, maka ia tak mampu memberi manfaat dan menolak bahaya dari dirinya. Dia tak akan mampu menguasai kematian, terkadang ia ingin mengetahui sesuatu tetapi tak kuasa, ingin mengingat sesuatu namun tetap saja lupa. Tak ada yang dapat ia lakukan untuk dirinya, demikian pula orang lain tak mampu berbuat apa-apa untuk menolongnya. Maka apakah pantas baginya menyombongkan diri di hadapan Allah dan sesama manusia?

8. Memperkuat harapan (raja’) kepada Allah.

Harapan atau raja’ merupakan ibadah yang sangat utama, karena menyebabkan seorang hamba hatinya tertambat kepada Allah dengan kuat. Apalagi pada penderita sakit yang telah sekian lama berobat kesana kemari namun tak kunjung sembuh. Maka dalam kondisi seperti ini satu-satunya yang jadi tumpuan harapan hanyalah Allah semata, sehingga ia mengadu: “Ya Allah tak ada lagi harapan untuk sembuhnya penyakit ini kecuali hanya kepada-Mu.” Dan banyak terbukti ketika seseorang dalam keadaan kritis, ketika para dokter sudah angkat tangan namun dengan permohonan yang sungguh-sungguh kepada Allah ia dapat sembuh dan sehat kembali. Dan ibadah raja’ ini tak akan bisa terwujud dengan utuh dan sempurna jika seseorang tidak dalam keadaan kritis.

9. Merupakan indikasi bahwa Allah menghendaki kebaikan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah secara marfu’ bahwa Rasulullah n bersabda, ”Barang siapa yang dikehen-daki oleh Allah kebaikan maka Allah akan menimpakan musibah kepadanya.” (HR al Bukhari). Seorang mukmin meskipun hidupnya sarat dengan ujian dan musibah namun hati dan jiwanya tetap sehat.

10. Allah tetap menulis pahala kebaikan yang biasa dilakukan oleh orang yang sakit.

Meskipun ia tidak lagi dapat melakukannya atau dapat melakukan namun tidak dengan sem-purna. Hal ini dikarenakan seandainya ia tidak terhalang sakit tentu ia akan tetap melakukan kebajikan tersebut, maka sakinya tidaklah menghalangi pahala meskipun menghalanginya untuk melakukan amalan. Hal ini akan terus berlanjut selagi dia (orang yang sakit) masih dalam niat atau janji untuk terus melakukan kebaikan tersebut. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya dari Abdullah bin Amr dari Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam, ”Tidak seorangpun yang ditimpa bala pada jasadnya melainkan Allah memerintah-kan kepada para malaikat untuk menjaganya, Allah berfirman kepada malaikat itu, “Tulislah untuk hambaKu siang dan malam amal shaleh yang (biasa) ia kerjakan selama ia masih dalam perjanjian denganKu.”

11. Sakit dapat menghantarkan ke manzilah (kedudukan) tertentu di Surga.

Terkadang seorang hamba memiliki manzilah di Surga, akan tetapi amalnya tidak dapat mengantarkannya ke sana maka Allah menimpakan kepadanya berbagai ujian secara bertubi-tubi sehingga sampailah ia kepada manzilah tadi, sebagaimana dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh imam Ibnu Hibban dari Abu Hurairah.

12. Dengan sakit akan diketahui besarnya makna sehat.


Jika seseorang selalu dalam keadaan sehat maka ia tidak akan mengetahui derita orang yang tertimpa cobaan dan kesusahan, dan ia tidak akan tahu pula besarnya nikmat yang ia peroleh. Maka ketika seorang hamba sakit, ia ingin agar bisa segera pulih sebagaimana kondisi semula ketika sehat, sebab setelah sakit itulah ia akan tahu apa artinya sehat.

Hendaknya seorang hamba bersabar dan memuji Allah ketika tertimpa musibah, sebab walaupun ia sedang sakit maka tentu masih ada orang lain yang lebih parah, dan jika tertimpa kefakiran maka pasti ada yang lebih fakir lagi. Hendaknya ia melihat sakit yang diderita dengan nikmat yang telah diterima dan dengan memikirkan faedah dan manfaat dari sakitnya. Dalam urusan agama seseorang harus memandang yang diatasnya agar tidak merasa bahwa dirinyalah orang yang terbaik, sedang dalam urusan dunia ia harus memandang orang yang ada di bawahnya agar menimbulkan rasa syukur dan melahirkan pujian kepada Allah.

13. Bagi seorang hamba (muslim) sakit merupakan rahmat bukan siksa.

Firman Allah, artinya. “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Menge-tahui.” (QS. an Nisaa:147)

Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengenal Allah dan hikmahNya, meskipun demikian Allah tetap menyayanginya karena itu semua disebabkan ketidak tahuan, kelemahan dan kekurangannya.

(Dari nasyrah Darul Wathan, Min fawaidil maradh. Subakir Ahmad)
Dari Buletin Al-Sofwah

Qonaah itu dari Hati


Masih inget bintang yang menyapaku?
Yah,  dia menyapaku lewat desiran angin malam yang menggetarkan. Aku terkagumi oleh bayangannya yang belum nyata di hadapanku....

Dan Allah menakdirkan kami bertemu. Namun aku malu dan tak berani menatap matanya. Sebelumnya aku sudah mengetahui siapa dirinya. 

Walau samar, tetapi hatiku mantap memilikinya karena meski dengan informasi yang terbatas aku sudah cukup qonaah terhadap bintangku ini. (blush) (blush)
Entah jalannya seperti apa nanti, tapi aku yakin Allah akan menunjukkan jalan terbaik yang Dia ridhai. Don't know much but i know i love you....





===========================================================================================

Baca yang bener neh teorinya :))

>> Pengertian Qana’ah

Qana’ah artinya rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang yang berlebihan. Qana’ah bukan berarti hidup bermalas-malasan, tidak mau berusaha sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Justru orang yang Qana’ah itu selalu giat bekerja dan berusaha, namun apabila hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, ia akan tetap rela hati menerima hasil tersebut dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Sikap yang demikian itu akan mendatangkan rasa tentram dalam hidup dan menjauhkan diri dari sifat serakah dan tamak. Nabi Muhammad SAW Bersabda :
"Abdullah bin Amru r.a. berkata : Bersabda Rasulullah SAW, sesungguhnya beruntung orang yang masuk Islam dan rizqinya cukup dan merasa cukup dengan apa-apa yang telah Allah berikan kepadanya. (H.R.Muslim)
orang yang memiliki sifat Qana’ah, memiliki pendirian bahwa apa yang diperoleh atau yang ada pada dirinya adalah ketentuan Allah.
Firman Allah SWT :
" Tiada sesuatu yang melata di bumi melainkan ditangan Allah rezekinya". (Hud : 6)
>> Qana’ah dalam kehidupan

Qana’ah seharusnya merupakan sifat dasar setiap muslim, karena sifat tersebut dapat menjadi pengendali agar tidak surut dalam keputusasaan dan tidak terlalu maju dalam keserakahan. Qana’ah berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator hidup seorang muslim. Dikatakan stabilisator, karena seorang muslim yang mempunyai sifat Qana’ah akan selalu berlapang dada, berhati tentram, merasa kaya dan berkecukupan, bebas dari keserakahan, karena pada hakekatnya kekayaan dan kemiskinan terletak pada hati bukan pada harta yang dimilikinya.

Bila kita perhatikan banyak orang yang lahirnya nampak berkecukupan bahkan mewah, namun hatinya penuh diliputi keserakahan dan kesengsaraan, sebaliknya banyak orang yang sepintas lalu seperti kekurangan namun hidupnya tenang, penuh kegembiraan, bahkan masih sanggup mengeluarkan sebagian hartanya untuk kepentingan sosial. Nabi SAW bersabda dalam salah satu hadisnya :
Dari Abu Hurairah r.a. bersabda Nabi SAW : "Bukanlah kekayaan itu banyak harta benda, tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan hati". (H.R.Bukhari dan Muslim)
karena hatinya senantiasa merasa berkecukupan, maka orang yang mempunyai sifat Qana’ah, terhindar dari sifat loba dan tamak, yang cirinya antara lain suka meminta-minta kepada sesama manusia karena merasa masih kurang pusa dengan apa yang diberikan Allah kepadanya.
Disamping itu Qana’ah juga berfungsi sebagai dinamisator, yaitu kekuatan batin yang selalu mendorong seseorang untuk meraih kemajuan hidup berdasarkan kemandirian dengan tetap bergantung kepada karunia Allah.

Berkenaan dengan Qana’ah ini, Nabi Muhammad SAW telah memberikan nasehat kepada Hakim bin Hizam sebagaimana terungkap dalam riwayat berikut ini :
"Dari Hakim bin Hizam r.a. Ia berkata : saya pernah meminta kepada Rasulullah SAW dan beliaupun memberi kepadaku. Lalu saya meminta lagi kepadanya, dan beliaupun tetap memberi. Kemudian beliau bersabda : "Hai Hakim ! harta ini memang indah dan manis, maka siapa yang mengambilnya dengan hati yang lapang, pasti berkat baginya, sebaliknya siapa yang mengambilnya dengan hati yang rakus pasti tidak berkat baginya. Bagaikan orang makan yang tak kunjung kenyang. Dan tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah.
Berkata Hakim ; Ya Rosulullah ! Demi Allah yang mengutus engkau dengan kebenaran, saya tidak akan menerima apapun sepeningal engkau sampai saya meninggal dunia. Kemudian Abu Bakar RA. (sebagai Khalifah) memanggil Hakim untuk memberinya belanja ( dari Baitul Mal) tetapi ia menolaknya dan tidak mau menerima sedikitpun pemberian itu. Kemudian Abu Bakar berkata : Whai kaum muslimin ! saya persaksikan kepada kalian tentang Hakim bahwa saya telah memberikan haknya yang diberikan Allah padanya". (H.R.Bukhari dan Muslim )
Qana’ah itu bersangkut paut dengan sikap hati atau sikap mental. Oleh karena itu untuk menumbuhkan sifat Qana’ah diperlukan latihan dan kesabaran. Pada tingkat pemulaan mungkin merupakan sesuatu yang memberatkan hati, namun jika sifat Qana’ah sudah membudaya dalam diri dan telah menjadi bagian dalam hidupnya maka kebahagiaan didunia akan dapat dinikmatinya, dan kebahagiaan di akhirat kelak akan dicapainya. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam salah satu hadisnya :
"Qana’ah itu adalah simpanan yang tak akan pernah lenyap". (H.R.Thabrani)
demikianlah betapa pentingnya sifat Qana’ah dalam hidup, yang apabila dimiliki oleh setiap orang dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan mendorong terwujudnya masyarakat yang penuh dengan ketentraman, tidak cepat putus asa, dan bebas dari keserakahan,seta selal berpikir positif dan maju.

Betapa tidak, karena sebenarnya dalam Qana’ah terkandung unsur pokok yang dapat membangun pribadi muslim yang menerima dengan rela apa adanya, memohon tambahan yang pantas kepada Allah serta usahadan ikhtiar, menerima ketentuan Allah dengan sabar, bertawakkal kepada Allah, dan tidak tertarik oleh tipu daya dunia.

Rela menerima pemberian Allah subhanahu wata’ala apa adanya, merupakan sesuatu yang sangat berat untuk dilakukan, kecuali bagi siapa yang diberikan taufik dan petunjuk serta dijaga oleh Allah dari keburukan jiwa, kebakhilan dan ketamakannya. Karena manusia diciptakan dalam keadaan memiliki rasa cinta terhadap kepemilikan harta. Namun meskipun demikian kita dituntut untuk memerangi hawa nafsu supaya dapat menekan sifat tamak dan membimbingnya menuju sikap zuhud dan qana’ah.

Menurut Prof.DR. Hamka dalam Tasawuf Modern, qana`ah mengandung lima perkara, yaitu:
Pertama, menerima dengan rela akan apa yang ada. Hati yang rela kepada Allah atas segala keadaan akan menimbulkan kesenangan dan kegembiraan, merupakan jalan menuju hidup bahagia. Begitu pula sebaliknya, hati yang benci memandang semua yang baik menjadi tidak baik bahkan yang baik sekalipun masih dianggap kurang baik. Yang telah cukup masih belum cukup. Hidup dengan keluhan, penyesalan dan senantiasa kurang puas. Hanya iman dan sikap ridalah yang mampu membentengi penglihatan kita dalam memandang segala sesuatu, sehingga kelihatan indah, cantik dan menentramkan hati.
Kedua, memohonkan kepada Allah tambahan yang pantas dan berusaha. Firman Allah dalam s.al-Baqarah ayat 186. “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.
Karena Allah dekat dengan hamba-hamba-NYA yang beriman dan beramal shalih kita dipersilakan untuk memohon dengan ikhlas setelah kita berusaha dengan menyempurnakan ikhtiar. Dalam s.al-Mu`min ayat 60, Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.
Ketiga, Menerima dengan sabar akan ketentuan Allah. Sebagaimana firman Allah Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Orang beriman mengetahui bahwa cobaan yang diterimanya bukanlah suatu pukulan yang datang tiba-tiba atau datang menyerang dengan membuta tuli, melainkan sesuatu dengan qadar yang telah dikenal, ketentuan yang pernah berlaku, kebijaksanaan dan keputusan dari Tuhan.
Keempat, Bertawakal kepada Allah. Tawakal bukan berarti menyerah semata-mata, tinggal diam dan tidak bekerja. Saidina Umar yang berbunyi; “langit tidak pernah menurunkan hujan emas atau perak”, cukup untuk memberikan pengertian tentang arti tawakal dan menyerahkan diri kepada Allah.
Tawakal bukanlah meninggalkan sebab-sebab yang diadakan oleh Allah, bukan pula menyerah dan mengharapkan supaya Allah mengadakan sesuatu di luar keadaan yang biasa, menanti–nanti hujan emas atau perak turun dari langit atau menunggu dari bumi keluar nasi atau roti tanpa ada kerja dan usaha, tanpa mempergunakan pikiran.

Arti tawakal ialah bekerja dan mengusahakan sebab-sebab yang biasa, kemudian menyerahkan hasilnya kepada Allah. Benih disemai dan ditanam, sedang memberi buahnya diharapkan kepada Allah. Kita mengerjakan mana yang biasa dan dalam batas kesanggupan manusia, selebihnya kita serahkan kepada Allah. 

Tatkala di masa Rasulullah saw. datanglah seorang Arab dusun kepada Beliau, lalu ditinggalkannya untanya dekat pintu mesjid, lepas tak bertali. Dengan begitu dia menyerahkan kepada Allah untuk memeliharanya, Nabi saw. Bersabda, yang sampai sekarang tetap menjadi perkataan yang bersayap, “I`qilha wa tawakkal” (ikatlah untamu dan bertawakallah).

Kelima, Tidak tertarik oleh tipu daya dunia. Rasulullah Saw. telah bersabda: “Bukanlah kekayaan itu lantaran banyak harta, kekayaan ialah kekayaan jiwa”. Maksudnya jiwa dan raga merasa cukup dengan apa yang ada, tidak loba dan cemburu, bukan orang yang meminta lebih terus-terusan. Karena kalau masih meminta tambah, bertanda masih miskin.
Dalam riwayat lain, Rasulullah Saw. bersabda: “alqana`atu maalun laa yanfadu wa kanzun laa yafnaa”. Artinya: Qana`ah itu adalah harta yang tak akan hilang dan pura (simpanan) yang tidak akan pernah lenyap. (Hadis dirawikan oleh Thabrani dari Jabir).
Tentunya maksud qana`ah dalam Hadis tersebut ialah qana`ah hati bukan qana`ah ikhtiar. Karena kita diperintahkan untuk bekerja dan berusaha semaksimal mungkin seakan-akan kita hidup selamanya. Dibalik itu semua, kita diminta untuk menenangkan hati dan meyakini bahwa dalam bekerja terdapat untung dan rugi, tidak terbentur jika harapan tidak tercapai..
Sebagaimana firman Allah dalam S. At Taubah:105 “Dan katakanlah: “Beramallah kamu, Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang mu`min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Maha mengetahui akan yang ghaib dan nyata…”.
Rasulullah Saw. bersabda “I`mal lidunyaaka ka annaka ta`isyu abadan wa`mal liakhirataka ka annaka tamuutu ghaddan”, artinya bekerjalah untuk kehidupan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya, dan bekerjalah untuk kehidupan akhiratmu seakan-akan kamu meninggal esok hari.

Dengan qana`ah kita dapat menghadapi kehidupan dengan kesungguhan yang energik dalam mencari rezki. Tidaklah terdapat rasa takut dan gentar, ragu-ragu dan syak bagi orang yang memiliki sifat qana`ah. Dengan berteguh hati dan fikiran terbuka, ia bertawakal kepada Allah Swt. Mengharapkan pertolongan-Nya, serta tidak merasa jengkel dan kecewa jika terdapat maksud yang belum berhasil.

Sikap qana`ah merupakan obat mujarab dalam menghindari segala keraguan dalam hidup, selain itu berikhtiar dan percaya kepada takdir. Hingga keadaan bagaimanapun yang datang kita tidak syak dan ragu.

Sebagaimana telah dicontohkan Nabi Ayyub as. yang hidup dalam limpahan kenikmatan duniawi, tenggelam dalam kekayaan yang tidak ternilai besarnya, mengepalai keluarga yang besar, hidup rukun damai dan sejahtera. Namun Ayyub tidak tersilau matanya oleh kekayaan yang ia miliki dan tidak tergoyahkan imannya oleh kenikmatan duniawinya ia tetap memohon ampun atas segala dosa dan keteguhan iman serta kesabaran atas segala cobaan dan ujian dari Allah.

Walaupun cobaan dan musibah datang memusnahkan harta kekayaannya, mencerai-beraikan keluarganya sehingga ia menjadi sebatang kara. Dimulai dengan hewan-hewan ternaknya yang bergelimpangan mati satu persatu sehingga habis sama sekali, kemudian disusul ladang-ladang dan kebun-kebun tanamannya yang rusak menjadi kering dan rumahnya yang terbakar habis dimakan api, sehingga dalam waktu yang sangat singkat sekali Ayyub yang kaya-raya tiba-tiba menjadi seorang miskin papa tidak memiliki sesuatu apapun selain hatinya yang penuh iman dan takwa serta jiwanya yang besar.

Maha suci Allah yang telah membalas kesabaran dan keteguhan iman Ayyub bukan saja dengan memulihkan kembali kesehatan badannya dan kekuatan fisiknya seperti keadaan semula, bahkan dikembalikan pula kebesaran duniawinya dan kekayaan harta-bendanya dengan berlipat ganda.

Kepadanya juga dikurniakan lagi putera-putera sebanyak yang telah hilang dan mati dalam musibah yang telah dialaminya. Demikianlah rahmat Tuhan dan kurnia-Nya kepada Nabi Ayyub yang telah berhasil melalui ujian yang berat dengan penuh sabar, tawakkal dan beriman kepada Allah. Kisah Nabi Ayyub dapat kita baca dalam Al-Quran surah Shaad ayat 41-44 dan surah Al-Anbiaa’ ayat 83 dan 84.

Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam adalah manusia yang paling qana’ah, ridha dengan apa yang ada dan paling banyak zuhudnya. Beliau juga seorang yang paling kuat iman dan keyakinannya, namun demikian beliau masih meminta kepada Allah Swt. agar diberikan qana’ah, beliau berdoa:
“Ya Allah berikan aku sikap qana’ah terhadap apa yang Engkau rizkikan kepadaku, berkahilah pemberian itu dan gantilah segala yang luput (hilang) dariku dengan yang lebih baik.” (HR al-Hakim, beliau menshahihkannya, dan disetujui oleh adz-Dzahabi).

Credit: on Cyber dan syadiashare

Monday, November 22, 2010

Ibuku Perawat Terbaikku

Hari ini aku hadir kembali setelah sepekan Hibernasi....
Awalnya karena telat makan siang eh ga makan siang malahan, udah gitu sampe rumah makan malem tapi ga selera.. karena ngantuuuuk,,, jadi tidur cepat deh..

Hanya saja koq ga bisa tidur padahal lelah banget,, kepala jadi pusing, trus sampe jam 12an mual mual, perut terasa bergejolak... aku ga tahan,, akhirnya buang air kecil ke kamar mandi dan.... huekkss,, muntah!!! aku muntahin makanan yang tadi.... kaya mabuk darat gtu loh... abis itu diare... >_<

Ternyata sakit yg dua hari aku cuti kerja pekan lalunya itu belum selesai... terlalu cepat wara wiri padahal belum sembuh benar...
Paginya aku kira dah baikan, tapi aku jalan sempoyongan dan hampir pingsan... akhirnya aku izin ga kerja hari itu... karena manggil bidan yg pekan lalu meriksa ga dateng2, akhirnya saia dibawa ke dokter... sampe sana ditanya2 dan disimpulkan bahwa lambungnya luka, jadi paru2nya ketika mengembang neken lambung yg luka tsb jadi susah/berat deh napasnya....

Karena ga mungkin langsung beraktivitas juga, akhirnya aku ambil cuti sekalian dr selasa sampe jumat :D
Disambung hari sabtu ahad kan emang aku libur :D

Dan selama aku sakit, ibuku begitu sabar nemenin aku yg bedrest Y__Y terharuuuu... berhubung ga boleh makan nasi yg masih berbentuk *hmmmm,,, ya jadi masak nasinya harus agak lembek gtuu.. krn lambungnya ga bisa nerima makanan yg kasar2 dan juga yg mengandung gas...

Doumo arigatou okaasan...

Saturday, November 13, 2010

Kehilangan Karisma

Bukan motor karismaku yang ilang, maksudnya aku akan merindukan motorku karena sudah ada yg menggantikan yaitu si beaty......yg ringan ituhh, imut banget deh ky yg punya... :p

Iyaaaaah, karismaku yg diberi nama ATAXIA... hahaha, karena diawal2 aku pake motor kemana2 dulu.. sekitar tahun 2006, sering banget jatooh... fyuuuhhh... pernah jatoh di kukel, di jalan joe, di kalimalang *malangnya nasyiib*, di jalan raya LA, dll sampe lupa.... Si ataxia mau dijual ke temen bokap... Y__Y

Aku kasih nama ataxia juga setelah tahu kalo yang punya penyakit ataxia itu gejalanya jatoh mulu alias kehilangan keseimbangan,, hahaha mengambinghitamkan kendaraan, *yg salah siapa??*

Itu loh yang film 1 liter of tears,,, yang OSTnya dinyanyiin sama Remioromen.. judulnya Konayuki. Pemain utamanya kan punya penyakit ataxia. Ini kisah nyata dan sangat mengharukan, liat aja judulnya :p

Yap, aku akan sangat kehilangan si ataxia karena dia juga yg selalu menemani perjalananku. Terutama ketika aku cari data buat skripsi... ke Cengkareng, Daan Mogot, Rawa Badak, Pluit, Meruya, Senen, Pesanggrahan, Raden Inten...dll. Juga yang nemenin ke tempat dauroh di CiSeeng, cari duit dengan melakukan survey sampe ke pelosok Bekasi, silaturrahim ke rumah menti di Bekasi juga, sampe kondangan yang jauh2...pernah juga nyasar2 ke arah Kota Wisata... wah banyak kenangan lah pokonyaaaaaa....

Makanya aku bakal sangat kehilangan,,,,,,, hixxxx... Y__Y

Euphoria KUA

Setiap hari aku lewat KUA kalo berangkat/pulang kerja, kecuali ada perlu di tempat lain. Jadinya gimanaaaaa gtuh,, inget cerita tentang Gee Chan dulu waktu dia minta anterin daftar ke KUA...

Semakin disadari ternyata sudah jelang satu setengah tahun aku lewat bolak balik depan KUA,, sayangnya belom punya kesempatan ngurus sesuatu di sana... hehehehe :p

Kadang senyam senyum sendiri ngebayangin waktu nganter Gee Chan,, kadang sedih juga karena teman2 di semua cluster sudah pada nikah, kecuali cluster CT SM yang baru beberapa... hikss, merasa ditinggalkan... *lebay*

Bagaimanapun juga, Allah sudah menggariskan takdir buat kita.. So, ya let it flow aja.. Klo emang kita belom siap, Allah ga akan kasih. Yang bakal Allah kasih pertama kali adalah kelapangan dada, ketika kita mengucap ikhlas menerima siapapun yang Allah takdirkan...  

Selama menerima takdirnya itu juga kita diuji. Apa yang diuji? Lagi-lagi hati kita yang diuji... Cuman, kita jangan sombong, maksudnya sok tahu hati kita itu seperti apa... Karena sebenarnya Dialah yang membolak-balikkan hati kita...

Koq jadi panjang kali lebar alias luas... Sekian dulu ya hihihihi... 

Friday, November 12, 2010

Inkonsequenz

Inkonsequenz dalam bahasa Indonesia artinya inkonsistensi. Dalam hal ini gw mau bahas mengenai ketidaksinambungan dalam beribadah,, mungkin basa gawulnya lebih dikenal dengan futur...

Hikmah adalah barang hilang seorang mukmin, barang siapa yang berhasil menemukannya maka ia yang paling berhak mendapatkannya... Intinya dalam setiap kejadian ada hikmahnya dan Allah pasti sedang menguji kita di part of it.

Kalo kita sadar bahwa Allah pasti hanya menguji kita sesuai kemampuan kita,, maka seharusnya kita mampu menempuh ujiannya...

Kuncinya adalah sabar dan do'a *sok bijak euuy*

hoaaahm, mo cerita apa sih gw sebenernya???

Ah pasti pada tahu kan, kalo syetan penggoda itu akan melakukan "godaan" *halah basanya*  sesuai dengan target yg akan digodanya *makin ga beres bahasanya*
Kalo ketahuan menti2 gw bisa brabe nih, scara anak bahasa Indonesia Y__Y tuh kan dah ada yg baca,, katanya "ada yg salah kak" hahaha

Nah..nah,, kalo dah pada tahu... gw cuma mo sedikit cerita soal peningkatan keimanan itu ky gimana.... *sok tahu lagi*
Yaaa, ngerasa aja sih terombang ambingnya ruhiyah kita... kayanya syetan tuh lagi mengendus-endus, weleh.. meng.. apa sih? me... menghembuskan ya? ya itulah pokonya,, iyah.. jadi kyanya dibisikin untuk terlena dengan waktu dan merasa tak berdaya dengan waktu yg sudah lewat... padahal tadinya mau melakukan ibadah yang satu itu.. *ibadah sunnah koq*

Ketika sedang mencoba meningkatkan jumlah bacaan alma'tsurat kubro minimal 1x per hari misalnya... hayyah, ada aja gangguannya, udah siap sampe setengahnya tinggal nerusin di kantor yang trikul dan seterusnya, eh malah lalai, sampe udah jam 11an ajah... hokkksss.. bete banget!!

Itu contoh doang,, yg pasti setiap amal tergantung niatnya.. musti lebih introspeksi mungkin yah... realistis aja ama keadaan, maksudnya fair gtu kalo kita niatnya blom lurus.. astaghfirullah. Moga Allah memudahkan langkah kita untuk lebih dekat denganNya...Amiiiin


Yang bisa dikerjakan hari ini jangan menanti esok hari...kyo dekirukoto ashita yaruna... :)


Daremo Shiranai

Daremo Shiranai means Nobody Knows

Itu emang judul pilem,,, tapi bukan mo bahas pilem koq di sini...
Aku mo bahas soal jodoh hahahahha,, pembaca gw yg jomblo khususnya pasti seneng :p

Cuma mo curcol kalo yg namanya jodoh itu ga ada yg tahuuuuuuu kapan datengnya,,,,, kalo kita beriman, patokan kita adalah dengan kedekatan kita sama Allah, Dia juga akan jawab koq... 
Sing penting SABAR en TAWAKKAL... ehem agak terdewasakan oleh prosesi kehidupan yang makin berdinamika nih hehehe..
Gara2 ini pasti banyak yang mo curhat soal jodoh nih,, saia aja blom genap diennya... haduuuuuhh... Y__Y

Kebanyakan diri kita menuntut lebih kali ya,, padahal cuma butuh tak lebih dari pasangan yg shalih dan mencintai yang kita cintai, yaitu Allah dan RasulNya... Soal cakep atau engganya yaaa.... nasib, hohohoo... relatif kaleeee... 

Cakep fisik kalo ga cakep akhlak apa yang mo dibanggain.... ada juga nyesel dunia akhirat,,, fyuhhh, lagipula,,, sebenarnya kita mo nikah di dunia aja atau mo bawa dia ke akhirat 'yang sama' dengan kita??? hoooiii.... sekali lagi, bercermin dulu kitanya yaaah teman...
Masih ada ga maksiat yg nempel di tubuh kita, kalo masih ada, segera minta Allah hapuskan, hilangkan dan hindarkan dari melakukannya lagi...

Munajat... munajat... munajat tiada hentiiii............. sahalallah,, semoga dimudahkan ya ^__^

Thursday, November 11, 2010

My Beloved CT SM 2006

You are guys,, the best I ever had ~_~ very missing that moment 

Pengen Rafting ke Citarik Lagiii

THE VIEW
Pengen rafting ke Citarik lagi deh,,, kayanya seru nih musim ujan :D
Aku pergi bareng rombongan shaul.... diani.... icha.... hihihihih.. seruuuu :D


Peparing:

Preparing
ACTION 1
ACTION 2
ACTION 3
ACTION 4
   Finishing:

biar dah selesai,, tetep aja foto2... hahaha

Location:



ayooo, yang mo kesana ajak saia dan teman2 yaaah ^__^


credit: Arus Liar

Monday, November 8, 2010

My New Winter Mouton Fur Hoodie

Hari ini aku beli sweater baruuuuu,,, yang bikin pico lain pada ngiriiii hihiiiiihiiiihhhii........  kejadiannya di Flea market:

--- You have moved to Flea Market 1
(16:16) fatmara: km asalnya dr mn
(16:17) fatmara: q tangerang
(16:17) [LADY] ayu: hi
(16:17) ~miki : hi
(16:17) fatmara: km umurnya brp thn
(16:17) [LADY] ayu: can you speak indonesia
(16:17) fatmara: owh
(16:17) ~miki : yes yes
(16:17) [LADY] ayu: ok
(16:18) fatmara: brti q hrs manggil kk donk
(16:18) [LADY] ayu: hahha
(16:18) fatmara: soalnya
(16:18) [LADY] ayu: belii di mana sihh baju ituu>
(16:18) fatmara: q masih umur 10 thn
(16:18) ~miki : di pasar malem hihihihih
(16:18) [LADY] ayu: di manaaa sihh yg bnerr
(16:18) Paul Jeremy@: me
(16:18) ~miki : di catalog shop
(16:19) [LADY] ayu: wew
(16:19) [LADY] ayu: brapaa>
(16:19) [LADY] ayu: harganya
(16:19) ~miki : 1 token
(16:19) fatmara: hy
(16:19) [LADY] ayu: anter donk'
(16:19) fatmara: km cantik banget
(16:19) ~miki : oi ngalingin
(16:19) phiewz: sorry2
(16:19) ~miki : wew
(16:19) [LADY] ayu: mksud.a?
(16:19) fatmara: kt duduk disitu yu
(16:20) fatmara: ko km tertawa
(16:20) [LADY] ayu: indo

16:20) ~miki : kamu klik aja di pojokan
(16:20) fatmara: ayo kt duduk
(16:20) [LADY] ayu: trus
(16:20) ~miki : kan ada menu shop
(16:20) [LADY] ayu: ??
(16:20) [LADY] ayu: ??
(16:20) ~miki : hmmm
(16:20) [LADY] ayu: truss??
(16:20) ~miki : samping gacha
(16:21) [LADY] ayu: iaa
(16:21) [LADY] ayu: teruss
(16:21) [LADY] ayu: ??
(16:21) ~miki : trus klik fashion
(16:21) [LADY] ayu: ohh iaa adaa
(16:21) [LADY] ayu: thanks ya
(16:21) ~miki : ini sweater baru keluar hr ini
(16:21) [LADY] ayu: ohhh
(16:21) ~miki : okeh
(16:21) [LADY] ayu: thank you
(16:22) fatmara: hy
(16:22) fatmara: props q donk
(16:22) ~miki : ga ada yg jualan jilbab sih
(16:22) ~miki : hahahha
(16:22) [LADY] ayu: hahahha
(16:22) fatmara: q dh props km
(16:22) ~miki : ini aja masih kliatan rambutnya
(16:22) [LADY] ayu: benerrr
(16:22) [LADY] ayu: wkwkwkwkkwkw


su ayu lg nanya sweaternya beli di mana


berharap nanti ada katalog untuk beli jilbab :D

My Design & Pict ~ Collect