SEARCH

Most Wanted:

........................................................................................................................................................... Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. ........................................................................................................................................................... ...Wahai Rabb kami, berilah kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami...
myfreecopyright.com registered & protected Protected by Copyscape Online Plagiarism Software

Friday, January 29, 2010

Tarbiyah dari Rabbku

Assalamu'alaykum wrwb

Em, dah lama nih aku ga nulis. Sebenarnya byk nih yg mau diceritakan. Tapi sesuai judul aku mo cerita itu aja.
Jadi dalam 2-3 hari ini aku kalo lagi sholat tahu2 baca suratnya At Takatsur terus, spontan gtu. Aku heran, kenapa ya?
Akhirnya malam ini aku karena penasaran, buka terjemahan suratnya, sbb:
  1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,
  2. sampai kamu masuk dalam kubur.
  3. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
  4. dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.
  5. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,
  6. niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahannam,
  7. dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ainul yaqin,
  8. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).
abis baca artinya, aku bertanya2, kenapa Allah mengingatkan aku pada surat ini? ada apa ya?
kalo baca arti yang pertama, "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu" -> yang aku rasa, kata 'kamu' menunjuk padaku..
oh Rabb, apakah aku telah lalai kepadaMu..? kemudian aku teringat.. amal yaumiahku.. iya sih, emang rada turun.. tapi kalo di lihat dari sebabnya, "bermegah2an"... bagian mana dr hidupku yg seperti itu ya..?? masya Allah.. apakah hatiku terlalu beku untuk mengetahui apa yang dimaksud bermegah2an dari diriku?? Ya Allah, apapun itu.. maafkanlah aku.. kumohon..

Baru ngerti setelah baca taujih dari sini
yang cuplikan isinya sbb:
  • Kata alhakum berarti melalaikan kalian. Kata ini berakar pada kata lahwun yang berarti “segala sesuatu yang menyibukkan sehingga aktivitas yang lain menjadi terbengkalai”. Pada umumnya yang terbengkalai itu adalah suatu aktivitas yang lebih berharga dari pada aktivitas yang melalaikannya. Sebab jika yang dilalaikan itu derajat kepentingannya di bawah aktivitas yang melalaikan itu wajar, karena tentunya dilakukan atas dasar skala prioritas.
  • Kata at-Takatsur berasal dari kata katsura yang berarti banyak. Ungkapan takatsur memberikan gambaran ada dua pihak atau lebih yang saling bersaing dan berlomba untuk meraih yang lebih banyak. Dengan demikan, alhakum at-takatsur (Bermegah-megah telah melalaikan kalian) dapat difahami: aktifitas kalian yang berupa saling berlomba dalam mengumpulkan harta, anak, pengikut, dan hiasan duniawi lainnya itu telah melalaikan kalian dari sesuatu yang penting, yaitu beribadah dan taat kepada Allah.
Masih mikir, apa ya..maksud Allah????

oh ya.. akhir2 ini lagi demam belanja online.. mungkin itu kali ya.. Ya Allah, makasih udah mentarbiyah aku saat ini.. InsyaAllah, kalo ga urgent2 amat, aku ga akan tergiur beli barang2 itu (baju2 model korea, mukena bu nina, jam tangan, speaker portable, MP4, tas pundak, dsb)...hehe..

nah, sodara2.. mari kita berzuhud ^^v

Any Comment???

Wassalamu'alaykum wrwb




2 comments:

Unknown said...

berlebihan maen FB trus mengesampingkan solat mungkin termasuk kali ya,shu....

seneng deh baca2 postingan yang banyak info dan tambah pengetahuan kyak gini...

(^_^)ntie

~eshu said...

just a simple way..
hehe

Post a Comment

My Design & Pict ~ Collect